pendekatan terpadu pembelajaran bahasa indonesia di MI/SD

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang

Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang akan mendidik siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan benar, maka dari itu kita sebagai guru harus mampu mengemas mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan baik supaya anak didik kita lebih tertarik dan menyukai mata pelajaran Bahasa Indonesia, salah satu cara supaya pembelajaran Bahasa Indonesia lebih menyenangkan adalah dengan bantuan alat peraga yang tepat dan juga menggunakan pendekatan yang tepat pula.

Salah satu pendekatan yang bisa dipakai dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah pendekatan terpadu atau integratif. Pendekatan terpadu ini ada dua macam yaitu pendekatan terpadu internal dan pendekatan terpadu eksternal. Pendekatan terpadu internal bidang studi adalah pendekatan yang keterkaitan yang terjadi antar bahan pelajaran bahasa itu sendiri, sedangkan pendekatan terpadu eksternal adalah pendekatan yang keterkaitan antara bidang studi bahasa dengan bidang studi yang lain. Dalam makalah ini penulis akan mencoba mengulas pengaruh penggunaan pendekatan terpadu bagi siswa SD Kelas II.
2. Rumusan Masalah
Apakah penggunaan pendekatan terpadu dapat meningkatkan minat siswa
terhadap Bidang studi Bahasa Indonesia ?
Apa kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan pendekatan terpadu ?
3. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan
a. Untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan terpadu dapat
meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia.
b. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pendekatan terpadu.
2. Manfaat
a. Bagi Penulis
Sebagai tambahan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia khususnya pendekatan
terpadu, juga sebagai bekal masa depan bagi penulis.
b. Bagi Siswa
Setelah siswa belajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan ini diharapkan siswa
lebih tertarik dengan pelajaran Bahasa Indonesia.
c. Bagi Guru
Sebagai masukan bagi guru sekolah dasar untuk menggunakan variasi
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan terpadu.
4. Definisi Operasional
Bahasa adalah system lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh
anggota
suatu
masyarakat
untuk
bekerja
sama,
berinteraksi,
danmengidentifikasikan diri ( KBBI, Edisi ketiga, 2001:88 ).
Model adalah pola ( contoh, acuan, ragam, dsb ) dari sesuatu yang akan dibuat
atau dihasilkan ( KBBI, Edisi ketiga, 2001: 751 ).
Pendekatan adalah usaha dalam rangka aktivitas penelitian untuk
mengadakan hubungan dengan orang yang diteliti ( KBBI, Edisi ketiga, 2001: 247
).
BAB II
KAJIAN TEORITIS
A. Pengertian

Pendekatan Integratif atau terpadu adalah rancangan kebijaksanaan pengajaran bahsa dengan menyajikan bahan-bahan pelajaran secara terpadu, yaitu dengan menyatukan,menghubungkan,atau mengaitkan bahan pelajaran sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.
Pendekatan terpadu terdiri dari dua macam :
1.
Integratif Internal yaitu keterkaitan yang terjadi antar bahan pelajaran
itu sendiri, misalnya pada waktu pelajaran bahasa dengan fokus menulis
kita bisa mengaitkan dengan membaca dan mendengarkan juga.
2.
Integratif Eksternal yaitu keterkaitan antara bidang studi yang satu

dengan bidang studi yang lain, misalnya bidang studi bahasa dengan sains dengan tema lingkungan maka kita bisa meminta siswa membuat karangan atau puisi tentang banjir untuk pelajaran bahasanya untuk pelajaran sainsnya kita bisa menghubungkan dengan reboisasi atau bisa juga pencemaran sungai.

Pendekatan pembelajaran terpadu adalah seperangkat asumsi yang berisikan wawasan dan aktifitas berfikir dalam merencanakan pembelajaran dengan memadukan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan sebagai area isi kegiatan belajar mengajar. Fogarty ( 1991 ) dalam buku “How to Integrate the curricula” menyatakan bahwa pembelajaran terpadu merupakan :
1.The vertical spiral represents the “spiraling” curricula built into most text
materials as

0 Response to "pendekatan terpadu pembelajaran bahasa indonesia di MI/SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel