PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MI
LANGKAH PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS DAN CONTOH PENERAPANNYA
Pendekatan Mata Pelajaran
A. Pendahuluan
Makalah ini menggambarkan langkah- langkah penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi silabus dan RPP untuk tiap mata pelajaran dan pembelajaran tematik. Contoh yang disajikan merupakan salah satu contoh dari berbagai alternatif yang ada. Contoh yang dilampirkan berisi penjabaran dari standar isi menjadi RPP secara bertahap sehingga cocok untuk para pemula yang akan mengembangkan silabus dan RPP. Silabus dan RPP yang dikembangkan hanya satu kompetensi dasar saja, untuk selanjutnya madrasah akan mengembangkan sendiri dengan langkah-langkah yang ada pada panduan.
Langkah-langkah yang ditempuh untuk menyusun silabus dan RPP dengan pendekatan mata pelajaran pada lampiran ini diuraikan berikut.
A. Pendahuluan
Bab berikut berisi penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi RPP untuk tiap mata pelajaran. Contoh yang disajikan merupakan salah satu contoh penjabaran dari standar isi menjadi RPP secara bertahap sehingga cocok untuk para pemula yang akan mengembangkan silabus dan RPP.
Pendekatan Mata Pelajaran
Contoh yang ada pada lampiran ini menggambarkan langkah- langkah penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi RPP untuk tiap mata pelajaran. Langkah-langkah tersebut diuraikan berikut.
1. Membaca dan mendalami SK/KD suatu mata pelajaran dan struktur kurikulum mapel pada kelas tertentu (dilampirkan SK/KD mapel satu tahun dan struktur kurikulum madrasah)
2. Memetakan SK/KD dengan tujuan (1) menentukan karakteristik/kategori suatu kompetensi dasar (2) menentukan cakupan materi, (2) menentukan pengetahuan prasarat yang diperlukan untuk mencapai KD, atau (3) menata urutan penyajian kompetensi dasar dalam satu semester/ satu tahun. Format dan penentuan tujuan pemetaan disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Dengan mengetahui karakteristik KD dari pemetaan dapat dilakukan penentuan waktu yang sesuai dan model perencanaan pembelajaran berikutnya.
3. Menyusun program tahunan (prota) dengan cara (1) menentukan jumlah minggu dalam 1 tahun (a), (2) menentukan jumlah minggu yang tidak efektif (b), (3) menentukan minggu efektif dalam satu tahun dengan cara a – b = c (minggu efektif dalam satu tahun), dan (4) menentukan jumlah jam pelajaran efektif untuk tiap mata pelajaran dalam satu tahun dengan cara minggu efektif dalam satu tahun x alokasi jam pelajaran (lihat struktur kurikulum MI) = ... jam efektif mapel, (5) mengatur alokasi waktu jam efektif dua semester(satu tahun) untuk pembelajaran dan ulangan, (6) membagi jam efektif untuk ulangan, (7) membagi waktu jam pelajaran efektif untuk semua kompetensi dasar sesuai dengan karakteristik/cakupan KD yang telah ditentukan pada pemetaan, dan (8) menuliskan KD sesuai dengan urutan KD dalam pemetaan beserta waktu yang dialokasikan untuk KD tersebut. Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 minggu dan tidak lebih dari 38 minggu. Contoh pada lampiran ini perlu disesuaikan dengan kalender akademik madrasah yang ada di KTSP dokumen 1 (dibuat sendiri oleh madrasah). Prota memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Misalnya, jumlah alokasi waktu pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Bahasa Arab di kelas IV yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah pekan efektif satu tahun x alokasi waktu Bahsa Arab di struktur kurikulum MI (2 jam). Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu efektif semester 1 yang ada di madrasah 17 dan semester 2 juga 17. Jam efektif Bahasa Arab satu semester sejumlah 17x2 = 34 jam. Berarti satu tahun sekolah memiliki 68 jam efektif untuk mapel Bahasa Arab. Alokasi waktu sejumlah 34 jam per semester tersebut diatur untuk pembelajaran semua KD yang ada pada satu semester dan untuk ulangan harian. Alokasi waktu tiap KD tergantung karakteristik dan cakupan KD.
4. Menyusun program semester (prosem) dengan cara (1) menentukan alokasi waktu jam efektif satu semester yang sudah dituliskan pada prota (pembelajaran dan ulangan), dan (2) mendistribusikan jam efektif pembelajaran dan ulangan pada rincian mingguan dalam tabel kalender akademik madrasah. Urutan penyajian KD disesuaikan dengan pemetaan yang telah dilakukan. Urutan TIDAK HARUS sama dengan urutan dalam standar isi. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada pemetaan dituliskan pada prosem. Contoh pada lampiran ini perlu disesuaikan dengan kalender akademik madrasah yang ada di KTSP dokumen 1. Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu per KD pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran yang ada pada prota. Bedanya, program semester menggambarkan lebih rinci penyajian kompetensi dasar pada minggu ke berapa dan pelaksanaan ulangan pada minggu ke berapa.
5. Menyusun silabus yaitu menjabarkan semua KD menjadi komponen-komponen silabus yaitu (1) identitas/tema mapel, (2) SK/KD, (3) materi, (4) kegiatan pembelajaran, (5) indikator, (6) penilaian, (7) alokasi waktu, dan (8) sumber belajar. Urutan penulisan KD dalam silabus sesuai dengan pemetaan yang dilakukan dan alokasi waktu sesuai dengan prota. Pada contoh yang dilampirkan ini silabus hanya diberikan contoh satu kompetensi dasar saja. Kompetensi dasar yang dibuat silabus pada lampiran ini dicetak tebal pada prota maupun promes. Madrasah diharapkan menyusun sendiri untuk seluruh kompetensi dasar dengan panduan yang tersedia.
6. Menyusun RPP yaitu menjabarkan lebih lanjut silabus menjadi lebih operasional terutama pada kegiatan pembelajaran dan wujud alat penilaiannya. RPP menjabarkan pelaksanaan suatu KD menjadi satu atau beberapa pertemuan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Komponen RPP mencakup (1) identitas/tema dan alokasi waktu, (2) SK/KD, (3) tujuan pembelajaran, (4) materi, (5) metode pembelajaran, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian hasil belajar, dan (8) sumber belajar. Kompetensi dasar pada RPP contoh sesuai dengan kompetensi dasar pada contoh silabus. Tiap-tiap mapel diberi contoh satu kompetensi dasar. RPP yang baik sudah dilengkapi bahan ajar/LKS, instrumen penilaian yang siap pakai (ada soal/perintah dan pedoman penilaian/ rubrik).
Pendekatan Tematik
Pembelajaran tematik yang dicontohkan pada lampiran ini bukan pendekatan tematik secara utuh tetapi pembelajaran tematik dalam konteks pencapaian standar isi madrasah. Contoh yang disajikan adalah salah satu contoh dari berbagai alternatif yang ada. Pembuatan perangkat pembelajaran tematik dengan cara yang lain sangat dimungkinkan. Contoh penjabaran standar isi menjadi silabus dan RPP dengan pendekatan tematik dalam lampiran ini dilakukan dengan langkah berikut.
- Membaca dan mendalami SK/KD satu semester/ satu tahun untuk semua mata pelajaran pada kelas tertentu (misalnya, SK/KD satu tahun seluruh mapel di kelas 1, di kelas 2 atau di kelas 3). Di samping itu, juga diperlukan membaca struktur kurikulum (contoh dalam buku ini melampirkan struktur kurikulum MI)
2. Penentuan minggu efektif dan penentuan jumlah kelompok KD/ jaring tema dalam 1 semester/1 tahun. Menghitung minggu efektif di madrasah dengan cara(1) menentukan jumlah minggu dalam 1 tahun (a), dan (2) menentukan jumlah minggu yang tidak efektif (b), (3) menentukan minggu efektif dalam satu tahun dengan cara a – b = c (minggu efektif dalam satu tahun). Penentuan jumlah kelompok KD/ jaring tema dilakukan dengan mempertimbangkan minggu efektif yang ada. Misalnya, dengan 17 minggu efektif satu semester ditentukan 8 tema dengan pertimbangan 1 tema diajarkan sekitar 2-3 minggu. Pada lampiran dicontohkan 8 tema dan tiap tema cakupan KD akan dibuat relatif sama sehingga tiap tema disajikan 2 minggu dengan rincian 1 minggu pembelajaran dan 1 minggu berikutnya dengan jadwal pelajaran yang sama dilakukan penilaian dan remedial terhadap KD-KD yang telah dibelajarkan. Pada contoh lampiran ini pemilihan tema dilakukan dengan mengambil salah satu KD dari mapel tertentu. Misalnya, dari KD Aqidah Ahlak, IPS, IPA, PKn, dan sebagainya. Pengambilan tema dari isi KD dimaksudkan untuk memudahkan pemaduan dengan standar isi. Teknik pengambilan tema bisa dilakukan dengan cara lain.
3. Membuat pemetaan KD mapel/tema. Pada kegiatan ini guru menentukan kelompok-kelompok KD dari berbagai mapel yang relevan untuk dipadukan dalam pembelajaran tematik (pemetaan KD mapel). Untuk mencapai keseluruhan standar isi minimal, pemaduan pada contoh dilakukan pada semua mapel dalam standar isi dan ditambahkan mulok. Ini hanya salah satu teknik, teknik pemaduan dengan cara lain sangat dimungkinkan. Penentuan kelompok-kelompok KD yang akan dipadukan disebut pemetaan KD mapel. Penyusunan pemetaan KD mapel dilakukan dengan cara (1) menentukan mapel yang akan dipadukan (pada contoh dipadukan seluruh mapel pada standar isi dan mulok dengan ciri tiap kelompok memiliki jenis mapel yang sama), (2) membagi habis /mengelompokkan KD- KD dari berbagai mapel menjadi beberapa kelompok seperti yang telah direncanakan (pengelompokan bisa dengan memilih KD-KD yang berada pada urutan yang sama, bisa juga dengan memilih KD-KD yang berkaitan, bisa mengulang KD-KD yang dianggap penting sesuai dengan kondisi peserta didik pada kelompok KD/tema yang berbeda), (3) menentukan tema ( bisa diambil dari salah satu KD Aqidah Ahlak, IPS, IPA , dan sebagainya yang ada pada suatu unit/kelompok KD atau dengan teknik lain yang bisa memayungi semua KD dan relevan dengan perkembangan peserta didik (4) penentuan alokasi waktu per jaring tema (pada contoh ditentukan alokasi waktu yang sama untuk kelompok KD/jaring tema yaitu 2 minggu dengan pertimbangan bobot tiap kelompok KD dibuat relatif sama dan lebih memudahkan dalam penyusunan jadwal)
4. Menyusun program tahunan (prota) dengan cara (1) menuliskan urutan jaring tema seperti pada pemetaan mapel selama satu tahun, (2) mencantumkan waktu yang dialokasikan untuk setiap jaring tema pada satu tahun, (3) menentukan alokasi jam pelajaran yang dibutuhkan setiap kelompok KD/ tema berdasarkan cakupan dan kedalaman KD yang akan dicapai maksimal 31 jam per minggu untuk kelas 1 dan 2 serta 33 jam untuk kelas 3 (sesuai aturan pada standar isi)Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 minggu dan tidak lebih dari 38 minggu. Pada lampiran ini dicontohkan 17 minggu efektif pada 1 semester.
5. Menyusun program semester (prosem) dengan cara (1) merinci alokasi waktu untuk tiap kelompok KD seperti pada prota ditambahkan waktu ulangan yang direncanakan, (2) menambahkan rincian bulan dan minggu dalam 1 semester dengan pendistribusian jam pelajaran efektif tiap minggu yang digunakan untuk mencapai tiap KD. Urutan penyajian KD disesuaikan dengan pemetaan yang telah dilakukan. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada jaring tema dituliskan pada prosem.
6. Menyusun silabus dengan menjabarkan semua KD menjadi komponen-komponen silabus yaitu (1) identitas/, (2) SK/KD, (3) materi, (4) kegiatan pembelajaran, (5) indikator, (6) penilaian, (7) alokasi waktu, dan (8) sumber belajar. Urutan penulisan KD dalam silabus sesuai dengan jaring tema yang dipetakan dan alokasi waktu sesuai dengan prota. Pada contoh yang dilampirkan ini silabus hanya diberikan contoh satu tema saja. Tema yang lain perlu dikembangkan sendiri oleh madrasah.
7. Menyusun jaring tema harian dengan cara (1) menentukan hari efektif dalam tiap minggu (ada madrasah yang memiliki hari efektif 6 hari ada juga yang memilki hari efektif 5 hari), (2) membagi kelompok KD/jaring tema pada pemetaan mapel menjadi jaring tema harian untuk tiap hari efektif (pada lampiran ini dicontohkan pembagian jaring harian untuk 6 hari efektif dengan pengulangan KD mapel Bahasa Indonesia karena konteks peserta didik memerlukan penekanan pada pembelajaran membaca dan menulis), dan (3) membuat jaring tema harian (webbing) berdasarkan pengelompokan pada langkah sebelumnya, (4) menentukan urutan hari penyajian untuk tiap-tiap jaring tema harian (pada lampiran dicontohkan jadwal pelaksanaan jaring tema harian minggu pertama berupa kegiatan pemelajaran dan minggu kedua berupa kegiatan penilaian)
8. Menyusun RPP yaitu menjabarkan lebih lanjut silabus menjadi lebih operasional terutama pada kegiatan pembelajaran dan wujud alat penilaiannya. RPP dalam pendekatan tematik menjabarkan pelaksanaan suatu jaring tema harian. 1 RPP untuk satu jaring harian. Untuk madrasah dengan 6 hari efektif berarti membuat 6 RPP harian untuk 6 hari. Demikian juga untuk madrasah dengan 5 hari efektif akan menyusun 5 RPP harian untuk 5 hari efektif. Pada contoh, satu RPP harian dilaksanakan 5 x 35 menit. Komponen RPP mencakup (1) identitas/tema dan alokasi waktu, (2) SK/KD, (3) tujuan pembelajaran, (4) materi, (5) metode pembelajaran, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian hasil belajar, dan (8) sumber belajar. Contoh yang disajikan hanya silabus dari satu jaring tema dijabarkan menjadi 12 hari (2 minggu). RPP harian 1 -6 berupa pembelajaran sesuai jaring tema dan 7 -12 mengulang pembelajaran yang sama dengan pendalaman dan penilaian. RPP yang dicontohkan baru untuk 1 jaring harian pada kegiatan pembelajaran.
Penyusunan contoh-contoh pada lampiran ini didasarkan pada struktur kurikulum minimal madrasah berikut.
. TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | |||
I | II | III | IV, V, dan VI | |
A. Mata Pelajaran | ||||
1. Pendidikan Agama Islam | ||||
a. Al-Qur'an-Hadis | 1 | 1 | 1 | 2 |
b. Akidah-Akhlak | 1 | 1 | 2 | 2 |
c. Fikih | 1 | 1 | 2 | 2 |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | - | - | 1 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 6 | 6 | 5 | 5 |
4. Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 | 2 |
5. Matematika | 5 | 5 | 5 | 5 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 2 | 2 | 2 | 4 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 | 2 | 2 | 3 |
8. Seni Budaya dan Keterampilan | 2 | 2 | 2 | 4 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 | 3 | 4 |
B. Muatan Lokal *) | 2 | 2 | 2 | 2 |
C. Pengembangan Diri **) | 2 | 2 | 2 | 2 |
J u m l a h | 31 | 31 | 33 | 39 |
Keterangan:
1. Pembelajaran pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2. *) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi
daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
3. **) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta
didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan
pendidikan (madrasah).
SILABUS MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR QUR’AN DAN HADIST
Kelas IV, Semester 1 | |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 1.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih |
1.2. Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih | |
2. Memahami arti surat-surat pendek | 2.1 Mengartikan surat an-Nashr dan surat al-Kautsar |
2.2. Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar secara sederhana | |
3. Memahami kaidah ilmu tajwid | 3.1 Memahami hukum bacaan idhar dan ikhfa’ |
3.2 Menerapkan hukum bacaan idhar dan ikhfa’ | |
Kelas IV, Semester 2 | |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
4. Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi | 4.1 Mengartikan surat al-Lahab |
4.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana | |
4.3 Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi | |
4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana | |
5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid | 5.1 Memahami hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab |
5.1 Menerapkan hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab |
CONTOH PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH IBTIDAIYAH
MATA PELAJARAN : AL QUR’AN HADITS
KELAS : IV (Empat)
TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
SMT | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKASI WAKTU | KET |
I | 1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | 1.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih. 1.2 Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih | 6 JP 6 JP | |
I | 2. Memahami arti surat-surat pende | 2.2 Mengartikan surat an-Nashr dan surat al-Kautsar 2.3 Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar secara sederhana | 6 JP 6 JP | |
I | 3 Memahami kaidah ilmu tajwid | 3.1 Memahami hukum bacaan idhar dan ikhfa’ 3.2 Menerapkan hukum bacaan idhar dan ikhfa’ | 6 JP 6 JP | |
II | 4.Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi | 4.1Mengartikan surat al-Lahab 4.2Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana 4.3Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi 4.4Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana | 4 JP 6 JP 4JP 6 JP | |
II | 5.Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid | 5.1Memahami hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab 5.2Menerapkan hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab | 6 JP 4 JP |
………………………………
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Madrasah
..................................... ………………………………
NIP. .......... NIP......…………
Contoh Promes Qur’an dan Hadits
CONTOH SILABUS
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Quran Hadist
Kelas/Semester : IV (Empat)/I (Ganjil)
Standar Kompetensi : Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih
Alokasi Waktu : 6 X 40 Menit
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/ BAHAN/ALAT |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih | Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah | v Membaca surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan fasih dan tartil. v Menghafal surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan lancar. v Menuliskan al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar. | v Membaca surat al Adiyat dengan fasih dan tartil. v Menghafal surat al Adiyat dengan lancar. v Menuliskan al Adiyat dengan benar. v Membaca surat al Insyiraah dengan fasih dan tartil. v Menghafal surat al Insyiraah dengan lancar. v Menuliskan al Insyiraah t dengan benar. | ◘ Tes Tertulis ◘ Perfoeman | 6 x 40 Menit | Al Qur’an Buku Paker |
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : IV (Empat)/I (Ganjil)
Standar Kompetensi : Membaca surat al-‘Adiyatdan surat al-Insyiraah secara benar
dan fasih
Kompetensi Dasar : Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
Indikator : 1. Membaca surat al Adiyatdengan fasih dan tartil.
2. Menghafal surat al Adiyat dengan lancar.
3. Menuliskan al Adiyat dengan benar.
4. Membaca surat al Insyiraah dengan fasih dan tartil.
5. Menghafal surat al Insyiraahdengan lancar.
6. Menuliskan al Insyiraah t dengan benar.
Alokasi Waktu : 6 X 35 Menit
Tujuan Pembelajara : Siswa dapat Membaca, menghafal dan menuliskan surat al-‘Adiyatdan surat al-Insyiraah dengan fasih, lancar dan benar.
Materi Ajar : Surat al-‘Adiyatdan surat al-Insyiraah
Metode Pembelajaran : 1. Drill
2. Imla’
3. Demonstrasi
Langkah-langkah kegiatan
NO | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pertemuan I: ►Pendahuluan - Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. - Guru mengajak siswa mengingat kembali bacaan surat-surat pendek yang pernah dipelajari ke kelas 3. ►Kegiatan Inti Ø Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Adiyat dengan benar Ø Siswa memberi tanggapan terhadap bacaan guru (Eksploasi). Ø Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyat seperti yang dicntohkan guru (Eksplorasi). Ø Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat secara benar (Elaborasi) Ø Guru membacakan potongan salah satu ayat surat Al Adiyat kemudian siswa melanjutkannya (Elaborasi). Ø Siswa menuliskan surat al Adiyat secara benar dan rapi. ►Kegiatan Penutup Ø Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari. Ø Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar. | 5 Menit 60 Menit 5 Menit | |
2. | Pertemuan II: ►Pendahuluan - Memberikan kembali motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. - Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. ►Kegiatan Inti Ø Siswa mengamati guru melafalkan satu ayat demi satu ayat surat al Insyiraah dengan benar. (eksplorasi) Ø Siswa mengomentari bacaan yang telah dilakukan guru (Eksplorasi). Ø Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Insyiraah seperti yang dicntohkan guru (Elaborasi) Ø Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Insyiraah secara benar (Elaborasi) Ø Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya. Ø Siswa menuliskan surat al Insyiraah secara benar dan rapi. (konfirmasi) ►Kegiatan Penutup Ø Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari. Ø Guru memberikan reward kepada siswa yang hafal dengan lancar dan menulis dengan rapi dan benar. | 5 Menit 60 Menit 5 Menit | |
3. | Pertemuan III: ►Pendahuluan - Memberikan motivasi betapa pentingnya belajar al Qur’an. Apalagi sampai mengerti betul maknanya. - Guru mengajak siswa membacakan kembali secara bersama-sama bacaan surat al Adiyat dan al Insyiraah yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. ►Kegiatan Inti Ø Siswa mengamati penjelasan tenang kandungan surat al Adiyat dan al Insyiraah dengan benar (Eksplorasi) Ø Siswa menanggapi penjelasan yang disampaikan guru ((Elaborasi) Ø Siswa secara bersama-sama melafalkan bacaan surat al Adiyal dan al Insyiraah yang telah dihafalnya (Elaborasi) Ø Siswa secara acak ditunjuk untuk melafalkan surat al Adiyat dan al Insyiraah secara benar (Elaborasi). Ø Guru membacakan potongan salah satu ayat surat al Adiyat dan al Insyiraah kemudian siswa melanjutkannya. Ø Siswa menuliskan salah satu ayat dari surat al Adiyat atau al Insyiraah dengan huruf kaligrafi ►Kegiatan Penutup Ø Refleksi: Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari. Ø Guru memberikan reward kepada siswa yang telah menulis kaligrafi dengan rapi dan benar. | 5 Menit 60 Menit 5 Menit |
Media dan Sumber Belajar
a. Media : Al Qur’an, Buku Paket
b. Sumber Belajar : Masjid, Halaman Sekolah
Penilaian
1. Teknik : Tes
2. Bentuk Instrumen : Tes Tertulis dan Performan
3. Instrumen : Alat Test,
Tes Kinerja/performan
Rubrik penilaian membaca surat pendek
Hafalkan surat al Adiyat dengan fasih dan tartil, lancar, benar ! 11 ayat
Hafalkan surat al Insyiraah dengan fasih dan tartil, lancar, dan benar! 8 ayat
Rubrik menghafal Surat al Adiyat dan surat al Insyiraah
No. | Aspek | Indikator | Skor |
1 | Kelengkapan ayat surat al Adiyat dan surat al Insyiraah yang dihafal | Peserta didik menghafal lengkap kedua surat | 4 |
Peserta didik menghafal lengkap 1 surat satunya belum lengkap | 3 | ||
Peserta didik menghafal sebagian besar kedua surat (lebih 80% ayat) | 2 | ||
Peserta didik menghafal sebagian kecil kedua surat | 1 | ||
Peserta didik tidak hafal kedua surat | 0 | ||
2 | Kelancaran | Peserta didik menghafal dengan lancar kedua surat | 3 |
Peserta didik menghafal dengan lancar salah satu surat | 2 | ||
Peserta didik menghafal aga lancar pada kedua surat | 1 | ||
Peserta didik menghafal sangat tidak lancar untuk kedua surat | 0 | ||
3 | Ketepatan pelafalan dan tajwid | Peserta didik menghafal dengan pelafalan dan tajwid yang tepat untuk kedua surat | 2 |
Peserta didik menghafal dengan ada sedikit kesalahan pelafalan dan tajwid pada kedua surat | 1 | ||
Peserta didik menghafal dengan banyak kesalahan pelafalan dan tajwid pada kedua surat | 0 | ||
4 | Penampilan | berani dan percaya diri | 1 |
Kurang percaya diri/grogi | 0 | ||
Skor maksimal | 10 |
Penghitungan nilai dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut:
Perolehan Skor | ||||
tes kinerja = | --------------- | X | Skor Ideal (100) | = . . . |
0 Response to "PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI MI "
Post a Comment